Sidang Lanjutan Kasus Undar Jombang, Jaksa Tuntut Gus Lukman 3 Tahun Penjara

Pelapor, Ali Sukamtono saat memberikan keterangan di hadapan Majelis Hakim di PN Jombang.

JOMBANG, FaktaNusantara.com - Sidang lanjutan bagi Gus Lukman atau Lukman Hakim Mustain terkait kasus penyelenggaran pendidikan atau perkuliahan ilegal, memasuki tahapan sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jombang, Kamis (4/1/2018).

Di hadapan majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU) secara bergantian membacakan tuntutan bagi mantan pimpinan Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang ini. Disitu, JPU akhirnya menuntut Gus Lukman dengan hukuman 3 tahun penjara. Tuntuntan ini jauh lebih rendah dari ancaman hukuman yang diterapkan penyidik.

Sebelumnya, Lukman Hakim Mustain menjadi terdakwa dalam kasus dugaan penyelenggaraan pendidikan atau perkuliahan tanpa izin resmi dari pemerintah. Gus Luk juga telah mengeluarkan ribuan ijazah serta memberikan vokasi/gelar secara ilegal.

"Lembaga pendidikannya sudah dinyatakan ilegal oleh hukum. Secara otomatis, ijazah yang dihasilkan juga ilegal,” ujar Syarifudiin, Kepala Kejari Jombang, Minggu (27/8/2017) lalu.

Kemudian, penyidik menjerat Lukman Hakim Mustain dengan Pasal 71 Undang-undang RI No 20 tahun 2013 atau Pasal 67 Undang-undang RI tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas), dengan ancaman 10 tahun penjara. (ki/fn)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.